Sunday, June 19, 2005

Sakit flu, batuk & demam

Sakit flu, batuk, demam dan..... kaligata

Nasta lagi sakit... teler... diawali dengan batuk ringan... dilanjuti dengan demam... ibu seperti biasa tidak terlalu khawatir (awalnya)... tapi karena Nasta crancky... ibu sedikit khawatir. Tapi Alhamdulillah, Nasta masih mau minum dan makan. Walaupun ga bisa lepas dari gendongan.

Sabtu pagi di ajak ke dsa - Pesona Depok. Ternyata, itu dsa nya Ayip juga tuh... well, dokternya sih ga galak... lumayan ramah lah.. tapi aku denger ibu ngomong ke suster.. "obat nya --KEBANYAKAN --" untuk sakit batuk aja kok "banyak" banget obatnya... ga langsung di tebus ma' ibu. Sekalian aja, ibu kan mo ke dokter juga. Mo nge-cek juga.

Dokternya bohong tuh.. bilang ke ibu, obatnya bukan puyer.. tapi kok banyak juga.. dan untung nya salah satu komponen obat ku ga ada di apotek jaya situ. Dan setelah nanya ISI obat tersebut ke oom apoteker nya, ibu ku beli obat batuk sendiri aja. Abis.. dalam resep dokter itu, ada 2 -3 jenis obat batuk, ada antibiotik nya, obat pilek nya.. wah... kok borongan gitu sih dok? Sakit ku emang double-triple.. tapi kok.... ah.. untung ibu ku cukup kritis.. ibu ga mau aku minum obat yang kurang perlu.

Biasanya sih, kalo batuk pilek gini, aku jarang di bawa ke dokter ma' ibu. hanya karena aku rewel aja ibu bawa aku ke dokter. Dan obat batuk dan pilek paling mujarab adalah... minum air putih hangat sebanyak mungkin, makan makanan yg sehat.. kalo susah makan, minum aja yg banyak, susu kek, jus kek, apa aja.. yg penting jangan sampai dehidrasi. itu yg ibu pelajari dari milis SEHAT pimpinannya dr. Purnawati. Thanks eyang dokter.

Aku cuma minum sekali obat batuknya.. kata ibu, asal ga demam lagi.. biarin aja deh sembuh dengan sendirinya. Seperti biasa.

tapiiiiiiiiiiii.... tadi pagi... kaki ku ada ruam merah.. gatal.. karena ketutupan baju, ibu ga terlalu ngeh. aku sibuk garuk.. begitu mandi ... ibu langsung kaget... karena badan ku pada merah-merah semua. Biduran alias Kaligata!! Sebenernya sih tidak terlalu mengkhawatirkan... hanya saja aku jd sering garuk.. dan kuku belum di potong ma' ute...
Siang nya, udah agak berkurang.. tapi menjelang sore.. tambah banyak lagi.. ibu kasih aku susu Bear Brand pagi.. mungkin ibu pikir aku alergi apaaaa gitu.... tapi aku ga suka.. nyobain sih beberapa sendok. Sore nya ibu kasih aku air kelapa hijau.. yeakkksss.... aku juga ga suka... ini air apa sih??
Akhirnya ibu pasrah, cuma kasih bedak anti gatal aja ... dan aku dipakein baju yang tertutup. Biar ga sibuk garuk.

Tambah malam tambah malam... malah tambah banyak merah nya... iihh.... serem...

Ibu nulis blog ini after midnight loh.. setelah ibu terbangun karena ayah panik ngeliat badan ku yg smakin merah... diolesin caladine cair ma' ibu... lalu ibu nge-browsing. Cari penyakit kaligata ini. Dan hasilnya? Kaligata atau bahasa kerenya HIVES ini timbul (mostly) karena alergi. Nah.. aku kan ga tau tuh alergi apa... semalam makan apa yah?? Akan sembuh sendiri, kalo terlalu mengganggu (karena gatal nya) bisa di kasih obat yg mengandung anti histamin. Atau memberikan bedak atau lotion anti gatal sudah tindakan bagus. Asal jangan tiba-tiba nafas nya sesak.. itu yg berbahaya.

Smoga besok pagi, merah-merah nya menghilang... biar ibu ga panik.

No comments: